Visi, Misi dan Tujuan

Visi
Pusat penyiapan tenaga pendidik, peneliti dan pembangun masyarakat yang berlandaskan pada iman, ilmu dan amal secara integral serta berbasis studi al Qur’an.
Misi
Mendidik mahasiswa menjadi tenaga pendidik profesional yang memiliki kompetensi peneliti dan pengabdian masyarakat, mampu mengembangkan pendidikan Islam yang berorientasi pada nilai-nilai al Qur’an di lembaga pendidikan formal, baik pada tataran idealis dan pragmatis.
Tujuan

  1. Menyiapkan tenaga pendidik yang profesional, memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang pendidikan Islam.
  2. Menyiapkan tenaga pendidik yang mampu menerapkan, mengembangkan dan melahirkan format ideal pendidikan, baik untuk anak didik maupun masyarakat secara umum berdasarkan akhlak mulia.
  3. Menyiapkan tenaga pendidik profesional yang memiliki kemampuan penelitian untuk mengembangkan pembelajaran pendidikan Islam yang berbasis nilai-nilai al Qur’an.

 

Sasaran Pembangunan
Sasaran rencana induk pengembangan STITQI untuk lima tahun mendatang perlu ditetapkan secara jelas, agar tujuan STITQI sebagai pusat dan lembaga pendidikan tinggi Islam, program pembinaan dan pengembangannya dapat dijabarkan secara lebih rinci.
A. Sasaran Pengembangan di Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  • Tercapainya kualitas pendidikan yang bermutu
  • Terlaksananya system kredit semester sesuai dengan petunjuk atau pedoman yang berlaku
  • Tercapainya kriteria kualifikasi tenaga edukatif
  • Tersedianya sarana penunjang akademik sesuai dengan kebutuhan
  • Terselenggaranya kegiatan akademik seperti diskusi, seminar dan lokakarya
  • Terselenggaranya proses belajar mengajar yang kondusif serta berpegang pada kebebasan akademik.

B. Sasaran Pengembangan di Bidang Penelitian

  • Tercapainya peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan penelitian
  • Tersusunnya system dan prosedur penelitian yang sesuai dengan pedoman
  • Tersedianya tenaga peneliti yang mempunyai kualifikasi di kalangan dosen
  • Terselenggaranya forum ilmiah di kalangan peneliti dan dosen
  • Tersedianya media cetak atau majalah ilmiah kampus

C. Sasaran Pengembangan di Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  • Tersusunnya system dan prosedur pelaksanaan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan misi STITQI
  • Tersedianya tenaga handal di bidang pengabdian pada masyarakat
  • Terlaksananya KKN sesuai dengan petunjuk atau pedoman yang berlaku
  • Tersedianya sarana yang memadai sebagai peunjang pelaksanaan pengabdian pada masyarakat
  • Terbentuknya desa binaan yang memadai

D. Sasaran Pengembangan di Bidang Kemahasiswaan

  • Tersedianya pedoman standar dalam penerimaan mahasiswa baru
  • Tersedianya pola atau system pembinaan mahasiswa sesuai dengan misi STITQI
  • Terlaksananya kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan penalaran, minat, bakat dan kegemaran mahasiswa serta kepemimpinan organisasi kemahasiswaan
  • Terlaksananya kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa

E. Sasaran Pengembangan di Bidang Organisasi dan Administrasi

  • Tersusunnya struktur organisasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Terpenuhinya personalia sesuai dengan kebutuhan dan perundang-undangan yang berlaku
  • Terselenggaranya system manajemen yang efektif sesuai dengan kondisi STITQI
  • Terlaksananya pembinaan di bidang perencanaan

F. Sasaran Pengembangan di Bidang Sarana Fisik

  • Tersedianya sarana fisik yang memenuhi standar
  • Tersedianya perlengkapan yang dibutuhkan sebagai sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan di STITQI

 
Strategi Pembangunan
A. Strategi Pengembangan di Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  • Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar atau perkuliahan
  • Menyempurnakan pelaksanaan perkuliahan dengan system kredit semester
  • Meningkatkan mutu dosen dengan mengadakan kepangkatan dosen
  • Mengirimkan dosen untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi S.2 dan S.3
  • Meningkatkan usaha pengadaan buku perpustakaan yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa
  • Mengusahakan peningkatan sarana penunjang akademik seperti laboratorium
  • Melaksanakan dan meningkatkan kegiatan ilmiah dosen dari segi kualitas maupun kuantitas

B. Strategi Pengembangan di Bidang Penelitian

  • Memperbanyak penyelenggaraan kegiatan penelitian, terutama yang berkaitan dengan kependidikan, kemasyarakatan dan hukum Islam
  • Mengembangkan system dan prosedur penelitian sesuai dengan pedoman penelitian yang berlaku
  • Mengadakan kegiatan pelatihan untuk meningkatan kualitas tenaga peneliti
  • Membentuk forum ilmiah di kalangan dosen/tenaga peneliti
  • Membentuk tim untuk mengelola majalah ilmiah kampus

C. Strategi Pengembangan di Bidang Pengabdian pada Masyarakat

  • Mengembangkan system dan prosedur pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan misi STITQI dan ketentuan yang berlaku
  • Mengadakan diskusi, seminar dan lokakarya tentang peningkatan pengabdian pada masyarakat
  • Melaksanakan KKN secara rutin pada setiap tahun akademik
  • Mengadakan/menyediakan sarana penunjang kegiatan pengabdian pada masyarakat
  • Meneliti desa binaan sebagai laboratorium pengabdian pada masyarakat

D. Strategi Pengembangan di Bidang Kemahasiswaan

  • Mengembangkan pola/system penerimaan mahasiswa baru
  • Mengadakan peningkatan pembinaan mahasiswa melalui berbagai kegiatan seperti diskusi, seminar, olahraga, lokakarya dan lain-lain
  • Membentuk organisasi kemahasiswaan dan mengaktifkan kegiatan-kegiatannya
  • Mengusahakan sumber-sumber untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa seperti beasiswa, koperasi mahasiswa dan lain-lain

E. Strategi Pengembangan di Bidang Organisasi dan Administrasi

  • Menyusun dan mengembangkan struktur organisasi dan administrasi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan kebutuhan STITQI
  • Memenuhi personalia dan struktur organisasi yang dibutuhkan
  • Menyelenggarakan system manajemen yang tepat sesuai dengan misi perguruan tinggi khususnya STITQI
  • Menyusun program perencanaan secara matang berikut petunjuk operasional

F. Strategi Pengembangan di Bidang Sarana Fisik

  • Mengusahakan dan mengembangkan sarana fisik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan STITQI
  • Mengusahakan dan melengkapi sarana perkuliahan yang memadai

 
 

Jangan lupa di share ke sosial media :

Informasi

Pimpinan

Rektor
Dr. Hj. Muyasaroh, M.Pd.I.
Wakil Rektor I
Dr. H. Bakhrum, M.Ed.
Wakil Rektor II
M. Ali Sodikin, M.Pd.
Wakil Rektor III
Dr. Zaimuddin, M.S.I.
Ka. Biro AUAK
Awaludin, M.Pd.
Direktur Pascasarjana
Dr. H. Firdaus Basuni, M.Pd.
Dekan Tarbiyah
Dr. Cittra Juniarni, M.Pd.I.
Dekan Ushuluddin
Dr. Paizaluddin, M.Pd.I.
Dekan Febi
Dr. Zainuddin, M.Pd.I.
Previous slide
Next slide

Pengumuman

Scroll to Top